Penjelasan tentang Perubahan Harga Keseimbangan

Perubahan Harga Keseimbangan - Dalam mekanisme harga di pasar, perubahan harga akan terjadi apabila ada perubahan permintaan dan penawaran yang dinyatakan dalam hukum harga (hukum permintaan dan penawaran). Apabila penawaran tetap, maka berlaku hal berikut. 
  1. Kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga dan jumlah keseimbangan serta kurva permintaan bergeser ke kanan. 
  2. Penurunan permintaan menyebabkan penurunan harga dan jumlah keseimbangan serta kurva permintaan bergeser ke kiri. 


Diagram berikut ini melukiskan pergeseran kurva permintaan.

kurva pergeseran permintaan
Kita anggap harga keseimbangan mula-mula pada titik E, yang merupakan titik pertemuan antara harga OP dan permin-taan/penawaran sebesar OQ bila penawaran tetap. Sedangkan permintaan naik sebesar OQ1, dengan bergesernya kurva per-mintaan dari D menjadi D1, maka titik keseimbangan adalah El dengan tingkat harga naik sebesar O P1.

Pada pihak lain bila permintaan turun sebesar OQ2, permintaan bergeser ke DD2, maka pada titik keseimbangan E2, tingkat harga turun menjadi OP 2 .  

Apabila permintaan tetap, maka berlaku hal berikut. 
  1. Kenaikan penawaran menyebabkan penurunan harga dan kenaikan jumlah keseimbangan, kurva penawaran bergeser ke kanan. 
  2. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga dan penurunan jumlah keseimbangan, kurva penawaran bergeser ke kiri. 


Diagram berikut ini melukiskan pergeseran kurva penawaran. 

kurva pergeseran penawaran

Pada kenaikan penawaran dari OQ menjadi OQ1, kurva S bergeser ke Sl, terlihat titik keseimbangan E ikut berubah menjadi El, karena harga dari OP turun menjadi OP1. Sebaliknya dengan berkurangnya penawaran dari OQ ke OQ2, harga akan naik menjadi OP2 dan titik keseimbangan terjadi pada E2.

Pergeseran kurva permintaan dan kurva penawaran mengakibatkan peruba-han posisi equilibrium, seperti tampak pada diagram di atas. Perubahan posisi equilibrium (keseimbangan) dapat juga disebabkan oleh perubahan permintaan dan penawaran sekaligus.

1 Response to "Penjelasan tentang Perubahan Harga Keseimbangan"

  1. Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan di pasar(tabel terbentuknya harga keseimbangan dan gambar kurva)

    BalasHapus