Pengaruh Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Pengaruh Teknologi Bagi Kehidupan Manusia - Setelah membaca bagian sebelumnya kini kita akan belajar mengenai bagaimana Iptek bisa mempengaruhi kehidupan manusia termasuk juga kebudayaannya. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa iptek merupakan unsur dalam kebudayaan manusia sehingga ketika membicarakan perubahan masyarakat juga tidak lepas dari bahasan tentang unsur teknologi apa yang digunakan. Perubahan masyarakat dipengaruhi oleh perkembangan iptek yang ada terutama teknologi yang digunakan manusia dalam kehidupannya. Nah, bagaimana caranya iptek bisa mempengaruhi kehidupan manusia? 

Teknologi tidak bisa terlepas dari masyarakat dan bahwa masyarakat juga bisa mempengaruhi jalannya perkembangan teknologi. Artinya baik masyarakat dan teknologi adalah dua hal yang tak terpisahkan. Karena luas dan beragamnya penerapan Iptek dalam masyarakat maka kita perlu membatasi fokus kajian iptek dengan contoh yang biasa digunakan sehari-hari saja. Contoh yang dibahas berupa handphone dan internet. Saat ini hampir sebagian besar orang menggunakan handphone untuk alat komunikasinya. Begitu juga halnya dengan internet. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa benda-benda seperti komputer dan handphone adalah benda material yang sudah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Kedua benda ini juga mengalami percepatan perkembangan yang sangat berarti. Meskipun begitu contoh atau kasus lain yang dipandang relevan dengan topik bahasan juga akan diulas.

Sadar atau tidak, kehidupan manusia pasti mengalami perubahan seiring masuknya teknologi baik itu dari sisi ekonomis maupun non ekonomis. Handphone membuat komunikasi menjadi lebih mudah meskipun biaya yang harus ditanggung cukup besar. Pengeluaran bertambah banyak untuk kepentingan membeli pulsa. Sewaktu internet marak digunakan kalangan anak sekolah maka warnet penuh sesak. Tempat kumpul remaja bukan lagi di perempatan jalan tetapi di warnet. Berkirim e-mail antar sesama teman kemudian menjadi trend baru yang banyak digemari remaja. Internet menjadi arena baru komunikasi manusia. 

Teknologi mengkontribusi banyak hal bagi manusia baik manfaat maupun masalah karena hasil akhir dan bagaimana teknologi digunakan oleh manusia turut mempengaruhi kehidupan manusia. Manfaat dan kerugian adalah bagaimana kita menggunakan Iptek dalam kebutuhan kita. Handphone diterima dengan baik oleh masyarakat bahkan hampir setiap lapisan masyarakat menggunakannya. Kebutuhan akan kepraktisan komunikasi membuat handphone cepat diterima. Itu satu contoh yang bersifat positif. Contoh negatif diambilkan dari pengenalan kondom sebagai alat kontrasepsi. Kondom adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menekan jumlah penduduk melalui pencegahan kehamilan.  Namun banyak hal terjadi seiring dengan penjualan bebas kondom di supermarket yang bisa dijangkau oleh siapapun. Sex bebas mulai marak karena masyarakat sudah bisa mengantisipasi kehamilan di luar nikah dengan penggunaan kondom.

0 Response to "Pengaruh Teknologi Bagi Kehidupan Manusia"