Pengertian Iptek (Ilmu Pengetahuan Teknologi)

Pengertian Iptek (Ilmu Pengetahuan Teknologi) - Istilah teknologi memiliki banyak definisi. Di dalam buku Ensiklopedi Ilmu Sosial tahun 2000, beberapa definisi tentang teknologi itu antara lain, Pertama, istilah teknologi mengacu pada sebuah objek fisik atau artefak seperti mobil. Kedua, teknologi juga bisa mengacu pada sebuah kegiatan atau proses, misalnya sistem produksi mobil, pola-pola organisasi di sekitar teknologi kendaraan, perilaku dan pengharapan dari pengguna mobil dan sebagainya. Ketiga, teknologi juga bisa merujuk pada pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam produksi atau penggunaan teknologi keahlian yang diperlukan untuk mendesain dan menggunakan mobil, dan juga imaji budaya yang lebih luas yang ditimbulkan dan ditopang oleh industri. 

Sementara itu dalam berbagai tulisan etnografi, para antropolog sendiri seringkali mendefinisikan Iptek hanya sebatas pada lingkup masyarakat tradisional saja. Akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 penjelasan tentang teknologi masih berkutat pada penjelasan mengenai kebudayaan yang bersifat fisik dan yang hanya digunakan untuk perlengkapan hidup sehari- hari. Dengan kata lain pengertian teknologi masih sebatas pada teknologi tradisional saja. Hal ini didasarkan karena objek kajian Antropologi masih terbatas pada kehidupan suku bangsa tertentu yang dianggap “tradisional” sehingga bagaimana mereka hidup dengan teknologi yang sederhana dianggap menarik untuk dikaji. Penggambaran tentang teknologi menyangkut sistem mata pencaharian hidup dan karena itu hal yang diuraikan adalah peralatan untuk bertani, berburu, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bagaimana suatu masyarakat berusaha untuk bertahan hidup melalui peralatan. Tentu saja dikaitkan dengan mata pencaharian pada masyarakat tradisional. 

Menurut Koentjaraningrat (1990), dalam memahami sistem teknologi pada masyarakat sederhana setidaknya ada delapan macam sistem peralatan hidup manusia yang dapat dikategorikan sebagai teknologi, yakni: 
  1. Alat-alat produktif. 
  2. Senjata.
  3. Wadah. 
  4. Alat-alat menyalakan api. 
  5. Makanan, minuman, bahan pembangkit gairah, dan jamu-jamuan. 
  6. Pakaian dan perhiasan. 
  7. Tempat berlindung dan perumahan. 
  8. Alat-alat transportasi. 


Walaupun begitu, teknologi juga harus dikaitkan dengan faktor lingkungan dimana individu tersebut tinggal. Orang yang hidup di daerah Eskimo atau daerah kutub memiliki teknologi yang lain dengan orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia dalam hal peralatan hidupnya. Topografi daerah kutub identik dengan salju dan udara dingin yang menjadi titik penting bagi teknologi mereka. Sandal gunung (shoesnow), bentuk rumah yang disebut iglo, pakaian dari kulit binatang, makanan dari lemak binatang dimana semuanya berfungsi untuk menghadapi lingkungannya yakni menahan dingin. Contoh lainnya, adalah bentuk rumah orang Jawa dengan orang daerah Kalimantan pedalaman. Rumah orang Jawa berbentuk joglo dengan atap yang tinggi dan banyak jendela untuk meminimalisir suhu panas. 

Lingkungan beriklim panas sehingga teknologi harus dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakatnya. Lain halnya dengan orang yang tinggal di daerah pedalaman Kalimantan misalnya. Mereka tidak dipusingkan dengan suhu panas namun dikeluhkan dengan banyaknya binatang buas yang berkeliaran. Topografi daerah hutan memungkinkan bagi binatang buas untuk turun ke perkampungan penduduk dan memangsa ternak. Dengan demikian rumah panggung dan jerat diperlukan sebagai respon atas lingkungan yang ada. Dengan demikian teknologi pada awalnya dianalisis dengan melihat konteks lingkungan masyarakat yang bersangkutan.

0 Response to "Pengertian Iptek (Ilmu Pengetahuan Teknologi)"