Defenisi atau Pengertian Diskontinuitas dalam Inovasi

Diskontinuitas adalah keputusan untuk menghentikan penggunaan inovasi setelah sebelumnya mengadopsinya. Ada dua tipe yakni, penggantian (replacement) yakni jika ada ide baru yang lebih baik dan kekecewaan (disenchantment) yang disebabkan ketidak puasan akan inovasi itu. Secara umum yang diskontinuitasnya tinggi memiliki ciri pendidikan rendah, status sosial rendah, kontak dengan agen perubahan yang rendah dan semacamnya yang berkebalikan dengan karakteristik inovator.

Defenisi atau Pengertian Diskontinuitas dalam Inovasi

Ilustrasi - Inovasi


Sedikitnya ada dua tipe diskontinuitas: Penggantian dan kekecewaan. Diskontinuitas penggantian adalah keputusan untuk berhenti menggunakan sebuah ide dengan maksud untuk mengadopsi ide yang lebih baik yang menggantikannya. Dalam budaya yang berubah dengan cepat ada aliran konstan inovasi. Dan setiap ide baru menggantikan perilaku yang ada yang pada saat itu juga merupakan sebuah inovasi. Misalnya, adalah penggunaan flashdrive yang telah dicontohkan di atas. Mereka memang menghentikan penggunaan disket atau CD untuk menyimpan file dari komputer namun menggantinya dengan bentuk inovasi lain yang lebih bisa memuaskan pengharapannya yakni flashdrive. Dalam hal ini flashdrive adalah sebuah inovasi pengganti dari inovasi yang sebelumnya (disket atau CD).


Diskontinuitas kekecewaan adalah keputusan untuk berhenti menggunakan sebuah ide sebagai akibat dari ketidakpuasan atas ide tersebut. Ketidakpuasan mungkin karena inovasi tidak cocok untuk individu dan tidak mengakibatkan dirasakannya keuntungan relatif atas perilaku alternatif itu. Atau ketidakpuasan dapat diakibatkan dari penyalahgunaan sebuah inovasi yang seharusnya bermanfaat bagi individu. Tipe terakhir dari kekecewaan ini sepertinya lebih sering ada diantara pengadopsi yang terlambat daripada pengadopsi yang awal. Pengadopsi yang terlambat memiliki pendidikan yang lebih rendah dan sikap dan nilai yang lebih tradisional yang mungkinbisa membimbingnya ke arah diskontinuitas. Kecuali seseorang memiliki konsepsi tentang metode ilmiah, sulit untuk memahami bagaimana untuk menggeneralisasikan akibat percobaan inovasi untuk penggunaan dengan skala penuh. Pengadopsi yang terlambat juga terlihat lebih patuh terhadap kekuasaan dalam sikap mereka terhadap agen perubahan; mereka mungkin mengadopsi sebagai akibat langsung dari pengaruh agen perubahan. Ketika paksaan dihilangkan, inovasi kemungkinan besar tidak berlanjut. Lebih lanjut, pengadopsi yang terlambat memiliki sedikit sumber yang tidak lain bisa mencegah adopsi atau menyebabkan diskontinuitas karena inovasi tidak cocok dengan batasan keuangannya.

0 Response to "Defenisi atau Pengertian Diskontinuitas dalam Inovasi"